Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 12 Mei 2011

kerajinan dari barang bekas

Membuat kerajinan dan ketrampilan dari barang bekas sangat menuntut kreativitas kita. uji kreativitas. Berikut ini kerajinan yang dibuat untuk mengkuti lombasiswa teladan di tempat saya mengajar SD Islam plus Masyithoh Kroya Cilacap. Kerajinan tangan ini dibuat oleh murid saya yang bernama Khuriyatul Mala dalam rangka lomba siswa teladan tingkat kecamatan kroya. Idenya saya dapat dari banyak sumber. Dari internet, dari sampah-sampah yang ada di rumah dan dari otak saya yang bekerja keras hingga kadang sulit tidur.
Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat, yaitu: kardus bekas, lakban dan kertas kado bekas untuk alas, 2 botol air mineral 1500ml, 3 bungkus apel, pita 2m, daun paku kering yang bisa didapat di toko kerajinan, kawat bunga, selotip daun, double selotip.

3 in 1 tempat pensil, bunga dalam botol dan tempat pensil sekaligus frame foto. Tempat pensil pertama terbuat dari potongan botol air mineral 1500ml bagian bawah yang ditempeli lidi di sekelilingnya. Lemnya saya gunakan double selotip yang praktis. Hiasan tengah adalah 3 bunga yang terbuat dari bungkus apel yang dirangkai dan dimasukan ke dalam botol aqua.

Ada 3 macam kerajinan:
  1. Kerajinan dari botol aqua dan lidi. Tempat pensil dari botol aqua bagian bawah dilapisi selotip kemudian ditempeli potongan lidi. Terakhir dihiasi pita di atas dan bawah
  2. kerajinan dari botl aqua dan bungkus apel. Bunga dari bungkus apel dimasukan ke dalam botol aqua yag dibalik dan telah dipotong bagian tutupnya
  3. Kerajinan dari botol aqua yang ditempeli foto di dalamnya. Tempat pensil sekaligus frame foto. Foto ditempel di potongan botol aqua yang pertama dan dihiasi pita di atas dan bawahnya.
Jadilah hasil akhirnya kerajinan dari botol aqua, kerajinan dari bungkus apel, kerajinan dari lidi bergabung menjadi satu berbentuk tempat pensil, bunga dan frame foto. semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. kreatif baget semoga ank indonesia,,,semakin kreatif

    BalasHapus
  2. makasih atas kunjunganya

    BalasHapus
  3. Saya getol menjadi pemulung, giliran anak punya tugas dari sekolah untuk membuat kerajinan dari barang bekas, malah bingung. Terimakasih telah memberikan inspirasi.

    BalasHapus

tulis komentar di sini