Cari Blog Ini

Rabu, 23 April 2008

ringkasan penelitian

Penelitian ini berjudul “PENGARUH KARAKTERISTIK DEMOGRAFI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (DKSPM) KABUPATEN BANYUMAS”, bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik demografi yaitu umur, tingkat jabatan, masa kerja, dan tingkat pendidikan terhadap kepuasan kerja serta untuk mengetahui variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan kerja diantara umur, masa kerja, tingkat jabatan dan tingkat pendidikan.

Ada dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, data primer berupa jawaban dari kuisioner-kuisioner yang diberikan kepada responden, dan data sekunder berupa data pegawai dan penelitian-penelitian terdahulu dari buku, internet, dan jurnal ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Karena minimnya populasi maka semua anggota populasi dijadikan sampel (sampel jenuh). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat (DKSPM) Kabupaten Banyumas.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji t, dan analisis nilai beta.

Hasil penelitian menemukan bahwa umur, tingkat jabatan, masa kerja dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun secara simultan. Tingkat pendidikan merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan kerja tetapi pengaruhnya sangat kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis komentar di sini