Cari Blog Ini

Rabu, 06 April 2011

sukses menggoreng kerupuk

menggoreng kerupuk mungkin perkara mudah bagi banyak orang. tapi tidak bagiku. aku bisa memasak brongkos, aneka sayur, aneka gorrengan, sop, soto, aneka sambel, puding, dll tapi tidak pernah sukses menggoreng kerupuk.
ini pengalamanku yang tak terlupakan. kerupuk adalah pelengkap sajian yang sangat aku dan suami sukai. tapi sayangnya aku selalu saja gagal menggoreng kerupuk padahal saran2 dari ibuku ( kerupuk di jemur dulu, goreng dengan minyak yang banyak dan api kecil) sudah aku praktekkan. selalu ga melar dan kadang gosong.
sampai pada 5/4/2011 aku bermaksud menggoreng kerupuk sebanyak-banyaknya. kloter pertama berhasil. tapi kloter 2 mulai bermasalah, ga melar dan sedikit gosong. api dikecilin tetep ja gosong. hampir saja aku putus asa karena selalu saja begitu dari dulu. dengan sedikit harapan yang tersisa aku tetap melanjutkan menggoreng dengan mencoba mengecilkan api hingga kompor hampir mati. dan ahahay berhasil. akupun semakin semangat melanjutkan menggoreng sampai kerupuk mentahnya habis. jadilah prestasi besarku hari itu menggoreng kerupuk 3 toples. wow....
jadi yang punya masalah dengan menggoreng kerupuk, jangan putus asa, kecilkan api, kalo masih bermasalah juga, kecilkan lagi dan lagi asalkan jangan sampai padam. kalau perlu jemur kerupuk mentah sebelum digoreng dan simpan dalam toples kedap udara sisa kerupuk mentahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis komentar di sini